Senin, 18 Januari 2016

Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android adalah aplikasi sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google, kemudian untuk mengembangkan android, dibentuklan Open Handset Alliance. Android merupakan software yang bisa didistribusikan secara terbuka (Open Source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru didalamnya, terdapat Android Market yang menyediakan ribuan aplikasi baik yang gratis maupun berbayar. (Nazruddin Safaat, 2012)

Android sebagai “Platform Mobile pertama yang Lengkap, Terbuka, dan Bebas” :
  1. Lengkap (Complete Platform) : Para desainer dapat melakukan pendekataan yang komprehensif ketika mereka sedang mengembangkan platform Android. Android merupakan sistem operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membangun Software dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.
  2. Terbuka (Open Source Platform) : Platform Android disediakan melalui lisensi open source. Pengembang dapat bebas untuk mengembangkan aplikasi Android sendiri menggunakan Linux Kernel 2.6.
  3. Free (Free Platform) : Android adalah platform aplikasi yarg bebas untuk develop. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platform Android, Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan. Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang diperlukan. Aplikasi untuk android dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apa pun. (Nazruddin Safaat, 2014)

Dan dalam pengertiannya android itu sederhananya diartikan sebagai satu atau merupakan gabungan dari tiga pengertian yang telah disebutkan diatas, yaitu:
  1. Sistem operasi untuk platform mobile yang bersifat gratis.
  2. Platform untuk pengembangan aplikasi berbasis mobile.
  3. Peralatan/hardware, terutama mobile phone yang menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang dibuat dengan platform android


0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.