Rabu, 20 Januari 2016

Geographic Information System (GIS)

Geographic Information System
Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan yang terkait erat dengan system pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi.

Teknologi GIS mengintegrasi operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini, dengan menggunakan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu ditawarkan melalui analisis geografis melalui gambar-gambar petanya. Informasi GIS berbeda dengan sistem informasi pada umumnya dan membuatnya berharga bagi perusahaan milik masyarakat atau perorangan untuk memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa, membuat peramalan, kejadian, dan perencanaan strategis lainnya. (Luqi Abidin, Firman Arifin, S.T, M.T, Reesa Akbar S.T, M.T, dan A.Hendriawan S.T, M.T, 2011).

Mobile GIS
Mobile GIS merupakan integrasi antara tiga teknologi, yaitu perangkat lunak Geographic Information System (GIS), Global Positioning System (GPS) dan perangkat alat komunikasi pintar genggam (Smartphone), yang saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang banyak digunakan dalam kegiatan di lapangan dengan menggunakan Smartphone dan Laptop untuk melakukan pemetaan secara real time. konfigurasi yang baik, pengguna akan dapat melihat posisinya di lapangan melalui peta, citra, atau bentuk spasial lainnya. Mobile GIS merupakan sebuah integrasi cara kerja perangkat lunak/keras untuk pengaksesan data dan layanan geospasial melalui perangkat bergerak via jaringan kabel atau nirkabel (Riyanto, 2010).

Sebelumnya dalam proses mengumpulan dan pengeolahan data Geographic Information System (GIS) menghabiskan banyak waktu dan sering terjadi kesalahan. Data geografi biasanya diperoleh dari lapangan melalui lembaran-lembaran peta. Proses editing dilakukan secara manual dengan cara memasukkannya kedalam database GIS. Hasilnya data menjadi tidak update dan tidak akurat.

Dengan teknologi Mobile GIS memungkinkan GIS dapat langsung diimplementasikan dilapangan sebagai peta digital, sehingga informasi dapat di tambahkan secara real time ke database aplikasinya, dan mempercepat analisis, tampilan data, dan pengambilan keputusan dengan data yang update dan akurat. Pemadam kebakaran, kepolisian, engineering, surveyor, tentara, pekerja sensus, biologis, dan lainnya adalah pengguna yang paling tepat bagi Mobile GIS, Mobile GIS dapat digunakan untuk hal-hal seperti berikut (Edy Irwansyah, 2013) :
  1. Pemetaan Lapangan : Membuat, edit, dan penggunaan peta dilapangan.
  2. Inventori Asset : Membuat dan maintain lokasi inventori asset dan informasi lainnya.
  3. Inspeksi : Mengelola digital record seperti logal code dan ticketing.
  4. Laporan Kecelakaan : Dokumentasi lokasi dan keadaan pada sebuah kejadian untuk mengambil tindakan atau pelaporan.
  5. GIS analis dan pengambilan keputusan : Melakukan pengukuran, buffering, geoprocessing, dan analisis GIS lainnya.


0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.