Jumat, 01 Januari 2016

Pengertian Routing dan Routing protokol

Routing adalah proses pemilihan jalur di jaringan yang digunakan untuk mengirimkan paket data ke alamat tujuan. Router membuat keputusan routing berdasarkan IP address tujuan dari paket. Istilah routing digunakan untuk pemilihan jalur sebuah paket dari sebuah jaringan ke jaringan lain yang saling terhubung melalui router. Router hanya memperhatikan network tujuan dan jalur terbaik untuk menuju ke network tujuan (Iwan, 2012).

Pada suatu sistem jaringan komputer, router menyimpan informasi tentang routing. Router akan berpedoman pada tabel routing ini untuk menentukan jalur mana yang digunakan untuk mencapai network tujuan terhadap paket-paket yang dilewatkan kepadanya.

Router menggunakan  routing untuk menentukan tujuan pengiriman paket. Jika sebuah paket tiba di sebuah router, dan router tersebut tidak memiliki tabel routing yang sesuai dengan tujuannya, maka router akan membuang paket tersebut. Agar router dapat bekerja dengan baik, seluruh router dalam sebuah jaringan harus memiliki rute ke semua jaringan yang ada.

Routing protokol adalah suatu aturan yang mempertukarkan informasi routing yang akan membentuk sebuah tabel routing sehingga pengalamatan pada paket data yang akan dikirim menjadi lebih jelas dan routing protokol mencari rute tersingkat untuk mengirimkan paket data menuju alamat yang dituju.

Pertukaran informasi ini akan dilakukan secara dinamis, sesehingga jika terjadi perubahan dalam jaringan, protokol routing akan memberitahukan perubahan tersebut kepada router – router lain yang ada dalam jaringan. Dengan selalu memberitahukan perubahan – perubahan jaringan yang terjadi, maka entry route di dalam tabel routing akan selalu akurat, karena selalu di-update oleh protokol routing. Jadi protokol routing berfungsi menjaga dan memelihara tabel routing. Selain itu protokol routing  dapat menentukan jalur terbaik (Rendra, 2012).

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.