Jumat, 15 Januari 2016

Jenis Konfigurasi Routing

Jenis Konfigurasi Routing 
Proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Jenis Konfigurasi Routing terdiri dari 2 macam yaitu :

1. Routing Statis (Static Routing)
Pada static routing administrator jaringan akan melakukan update secara manual ke routing tablenya. Administrator akan memasukkan jaringan kedalam routing table dan memilih port dimana router tersebut menempatkan data. Static routing memiliki kelebihan berupa tidak ada bandwidth yang di gunakan diantara router dan selain itu terdapat keuntungan dari aspek keamanan karena proses routing benar benar diawasi oleh administrator. Disisi lain kerugiannya adalah keterbatasan kemampuan dari administrator sendiri karena semua proses maintenance dan penambahan jaringan harus dilakukan secara manual oleh administrator (Rendra, 2012).

2. Routing Dinamik (Dynamic Routing)
Pada dynamic routing protocol protocol digunakan untuk mencari jaringan dan memperbarui routing tabel yang berisi jalur jalur paket data. Penggunaan dynamic routing pada dasarnya lebih mudah dilakukan karena seorang administrator jaringan hanya harus sekali mengkonfigurasi router-router pada jaringan dengan suatu protocol dan selanjutnya router-router tersebut dapat menemukan sendiri jalur yang akan di pilih untuk mengirim paket data.

Dynamic routing bergantung pada routing tabel dari masing-masing protocol untuk memilih jalur yang terbaik dengan pertimbangan-pertimbangan seperti ketersediaan bandwidth pada jalur yang akan di lalui dan panjang waktu yang di butuhkan untuk mengirim paket dari sumber ke tujuan  (Rendra, 2012).

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.