Kamis, 18 Mei 2023

Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan Sebagai Sumber Data Perencanaan

Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Rapor Pendidikan Sebagai Sumber Data Perencanaan Melakukan Refleksi Pribadi Tentang Profil Pendidikan (Guru) Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom (Guru Produktif TKJ, SMK Telkom Jakarta) Laporan Rapor Pendidikan SMK Telkom Jakarta.


Catatan refleksi dari hasil laporan rapor pendidikan satuan pendidikan: 1. Indikator layanan yang memperoleh capaian yang cukup baik adalah indikator Karakter yang meliputi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, gotong-royong, kreativitas, bernalar kritis, kebhinekaan global dan kemadirian. Semua telah berkembang. Fakta dan kondisi yang saya temukan dan menunjang ketercapaian indikator ini adalah adanya program karakter building bagi peserta didik yang bertujuan untuk membentuk pelajar dengan profil pelajar pancasila, misalnya kegiatan senyum sapa salam digerbang sekolah, infaq masuk sekolah, solat dhuha, solat jum’at, dzikir dan tadarusan bersama, senam sehat dihari jum’at, upacara senin, Berdoa sebelum belajar dan sebelum pulang. Peserta didik dan seluruh steakholder semua telah disosialisasikan mengenai karakter building dan semua telah menunjukkan karakter sesuai yang diharapkan. 2. Indikator yang memperoleh capaian yang belum baik adalah literasi dan numerasi yang dalam laporan rapor pendidikan masih dibawah kompetensi minimum. Fakta dan kondisi yang ditemukan adalah memang masih rendahnya tingkat literasi numerasi siswa, siswa masih belum memanfaatkan teknologi (HP) untuk membaca dan menacari sumber pengetahuan namun masih sekedar untuk bermedia sosial dan bermain game. Masih kurangnya tingkat berpikir kritis siswa dalam penyelesaian soal, siswa menganggap soal sulit tidak dikerjakan, tidak memiliki ide untuk pemecahan masalah yang ditemui. Untuk tenaga pendidik dan lingkungan sebenarnya sudah mendukung ketercapaian literasi dan numerasi ini. 3. Hal baik yang telah dilakukan satuan pendidikan berdasarkan rapor pendidikan adalah menyusun program kerja/rencana dan strategi (renstra) sesuai hasil rapor sekolah, dari hasil rapor pendidikan terlihat mana yang prioritas untuk dikerjakan, mana yang akan dipertahankan dan apa yang akan dibuatkan program baru. 4. Rapor pendidkan membantu dalam sangat membantu dalam memahami kondisi satuan pendidkan, karena dalam rapor pendidikan tergambar mana indikator yang sudah tercapai dengan baik, berkembang dan masih dibawah kompetensi minimum. Sehingga memudahkan satuan pendidikan dalam program kerja/rencana strategi satuan pendidikan. Dokumentasi umpan balik dari rekan guru terkait refleksi saya yang dilakukan : Pertanyaan Umpan Balik : 1. Bagaimana refleksi yang dilakukan oleh guru terkait hasil rapor pendidikan? 2. Apakah tindak lanjut yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan hasil rapor pendidikan?


5 comments:

Nabila Wulandari, S.Pd. mengatakan...

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Rachel Maryam mengatakan...

Banyak keuntungan dan kelebihan yang didapatkan oleh sekolah yang dipimpin oleh seorang Guru Penggerak. Selain bisa meningkatkan mutu pendidikan yang tertuang di rapor pendidikan. Juga menjadi predikat sekolah tersebut naik ke level sekolah penggerak.

Jessen Ozora mengatakan...

Mengapa Rapor Penting? Bagi guru, rapor menjadi alat yang memudahkan penyampaian hasil pembelajaran baik bagi siswa maupun orang tua. Rapor juga menunjukkan hasil kinerja atau performa belajar siswa. Dengan begitu, guru dapat menentukan tindak lanjut yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Abdillahtama Gumilang mengatakan...

Indikator terpilih dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek dan digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan. Rapor Pendidikan diperoleh dari perbandingan nilai indikator antar tahun

Samiza Kautsar mengatakan...

Tujuan dilunucurkannya Rapor Pendidikan yaitu dapat menjadi bahan refleksi serta dapat meningkatkan mutu belajar mengajar secara merata dan menyeluruh. Dengan cara ini, akan menjadi bahan evaluasi di masa depan dan dapat meningkatkan Pendidikan secara tepat dan berbasis informasi.

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.