Selasa, 06 Juni 2023

Perencanaan Untuk Perbaikan Satuan Pendidikan: Melakukan Refleksi Perencanaan

Seperti layaknya seseorang yang perlu tetap sehat dan optimal dalam berkembang, memeriksa kondisi kesehatan jiwa dan raga diperlukan secara rutin. Jika disandingkan, istilah medical check-up tampaknya menjadi analogi yang paling tepat untuk Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD) bagi satuan pendidikan dan pemerintah daerah. Jika Rapor Pendidikan dan PBD adalah fasilitas free medical check-up, maka tujuannya adalah untuk mengetahui bagian mana yang ‘kurang sehat’ atau ‘butuh perhatian’. Informasi dari check-up tersebut dibutuhkan untuk mengetahui ‘obat’ atau ‘tindakan ‘apa yang paling tepat dalam memperbaiki kualitas hingga meningkatkan mutu pendidikan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membagikan cara membuat Perencanaan Berbasis Data (PBD) melalui Rapor Pendidikan. Perencanaan Berbasis Data merupakan proses yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data untuk menentukan tujuan, sasaran, dan tindakan yang akan diambil dalam pengambilan keputusan. Dalam dunia pendidikan, Perencanaan Berbasis Data untuk Satuan Pendidikan mencakup tahap-tahap seperti identifikasi, refleksi, dan benahi (perbaikan).

Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Untuk Perbaikan Satuan Pendidikan: Melakukan refleksi perencanaan [guru] yang dilakukan oleh Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom (Guru Produktif TKJ, SMK Telkom Jakarta) dapat dilihat di youtube berikut ini:


Demikianlah uraian tentang Perencanaan Untuk Perbaikan Satuan Pendidikan: Melakukan refleksi perencanaan [guru] . Semoga bermanfaat.

9 comments:

Herno Pujo Sulistyo, S.Pd. mengatakan...

Memasuki akhir tahun ajaran 2022/2023, ini saatnya satuan pendidikan mengevaluasi keberlangsungan kegiatanpembelajaran secara keseluruhan demi perencanaan tahun ajaran berikutnya yang lebih maksimal. Satuan pendidikan dapatmelakukan refleksi, identifikasi, dan benahi capaiannya di Rapor Pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

.

Deasy Novitasari, S.Kom mengatakan...

Konten Pilihan Merdeka Mengajar edisi Mei 2023 mengangkat tema Memulai Perencanaan Berbasis Data dengan Rapor Pendidikan untuk memberikan referensi bagi Bapak.

Ika Permatasari, S.E. mengatakan...

Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan pelajari hal-hal dasar mengenai Perencanaan Berbasis Data untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan

Ari Hidayat, S.Pd. mengatakan...

Kepala Satuan dapat mulai benahi kualitasnya dengan melaksanakan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kini tersedia Lembar PBD pada platform Rapor Pendidikan yang dapat membantu satuan pendidikan melakukan evaluasi diri sampai merencanakan pembenahan. Pada konten ini, ketahui 5 hal yang sering ditanyakan tentang PBD agar lebih siap melakukan pembenahan satuan pendidikan.

Ulfatun Wahidah, M.Pd. mengatakan...

Rapor Pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapat dari berbagai asesmen atau survei nasional.

Rapor Pendidikan digunakan sebagai acuan evaluasi mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan, kab/kota, provinsi maupun pusat.

Agar dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan dan melakukan Perencanaan Berbasis Data, sekolah perlu segera mengaktivasi akun pembelajaran.

Sri Giyanti, S.Pd. mengatakan...

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan menyusun kegiatan peningkatan mutu berbasis fakta.

Sumber data tersebut berasal dari Asesmen Nasional (AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar), dapodik, platform digital guru dan Kepala Sekolah, data GTK dll.

Dengan mengakses Platform Rapor Pendidikan kita dapat menganalisis data profil pendidikan dan mengidentifikasi masalah, akar masalah, dan mendapatkan rekomendasi kegiatan pembenahan akar masalah tersebut. Pembenahan dilakukan dengan cara perumusan kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Gugi Tyas, S.T. mengatakan...

Perencanaan Berbasis Data (PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret,

Selain itu, Perencanaan Berbasis Data (PBD) juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan kita,

Heru Setiawan, S.Pd. mengatakan...

Alhamdulillah artikel di atas bisa membuka dan memberikan arahan terkait kegiatan tersebut bersama bapak / ibu Kepala Sekolah dan adik2 Operator Sekolah.

Semoga dengan kegiatan ini teman2 bapak / ibu Kepala Sekolah memahami bahwa salah satu perubahan mendasar perencanaan berbasis data baik untuk perencanaan satuan pendidikan maupun dinas pendidikan adalah penggunaan Rapor Pendidikan sebagai sumber data utama.

Indah Maria, M.M. mengatakan...

Rapor Pendidikan memuat data yang sangat lengkap, komprehensif, dan fokus pada hal substansial akan menjadi sumber data yang sangat penting dalam perencanaan program2 kegiatan sekolah.

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.