Rabu, 20 Januari 2016

Global Positioning System (GPS)

GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penetuan posisi dengan menggunakan satelit. Nama formalnya adalah NAVSTAR GPS, kependekan dari “NAVigation Satelit Tuning and Ranging Global Positioning System” Sistem ini digunakan oleh banyak orang dalam segala cuaca, didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi yang teliti, dan juga informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia.

Pada dasarnya GPS terdiri dari tiga segmen utama, yaitu segmen ruang angkasa (space segment) yang terutama terdiri dari satelit-satelit GPS, segmen sistem kontrol (control system segment) yang terdiri dari stasiun-stasiun pemonitor dan pengontrol satelit, dan segmen pemakai (user segment) yang terdiri dari pemakai GPS termasuk alat-alat penerima dan pengolah sinyal dan data GPS.

GPS dapat memberikan informasi mengenai posisi, kecepatan, waktu secara tepat teliti, dan murah dimana saja di Bumi pada setiap waktu siang maupun malam tanpa tergantung pada kondisi cuaca. Sampe saat ini GPS adalah satu-satunya sistem navigasi yang mempunyai karakteristik prima tersebut (Risa Okta Asihani, 2013)

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.