Perencanaan Berbasis Data: Identifikasi, Refleksi Benahi
Oleh: Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom.
Perencanaan Berbasis Data bertujuan untuk
memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan
satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret. Pada rapor pendidikan,
semua satuan pendidikan harus melakukan tiga prinsip, yaitu identifikasi,
refleksi, dan benahi. Selain itu, Perencanaan Berbasis Data juga disesuaikan
dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah
yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong
satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui
penyusunan kegiatan peningkatan capaian
berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan
dan kondisi lapangan.
Perencanaan Berbasis Data adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Berbasis Data yang meliputi Identifikasi, Refleksi Benahi, pelatihan mandiri ini dilakukan oleh Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom (Guru Produktif TKJ, SMK Telkom Jakarta) dapat dilihat di youtube berikut ini:
1 comments:
Bagusnya sesuai apa yang kita rancangkan berbasis data melalui evaluasi diri kita juga berdasarkan assessment sekolah
Posting Komentar