Minggu, 11 Februari 2024

Perencanaan Berbasis Data: Identifikasi, Refleksi Benahi

Perencanaan Berbasis Data: Identifikasi, Refleksi Benahi

Oleh: Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom.

Perencanaan Berbasis Data bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret. Pada rapor pendidikan, semua satuan pendidikan harus melakukan tiga prinsip, yaitu identifikasi, refleksi, dan benahi. Selain itu, Perencanaan Berbasis Data juga disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan atau dinas berdasarkan identifikasi masalah yang berasal dari data pada platform Rapor Pendidikan, yang kemudian mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk melakukan pembenahan melalui penyusunan  kegiatan peningkatan capaian berdasarkan hasil identifikasi dan refleksi terhadap capaian di Rapor Pendidikan dan kondisi lapangan.

Perencanaan Berbasis Data adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Berbasis Data yang meliputi Identifikasi, Refleksi Benahi, pelatihan mandiri ini dilakukan oleh Ahmad Sakhowi Amin, M.Kom (Guru Produktif TKJ, SMK Telkom Jakarta) dapat dilihat di youtube berikut ini: 



1 comments:

Isna Riska, S.Pd. mengatakan...

Bagusnya sesuai apa yang kita rancangkan berbasis data melalui evaluasi diri kita juga berdasarkan assessment sekolah

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.