Selasa, 06 Februari 2024

BIMBINGAN KONSELING LAYANAN PEMINATAN DAN RESPONSIF

BIMBINGAN KONSELING LAYANAN PEMINATAN DAN RESPONSIF
oleh: AHMAD SACHOWI AMIN, M.Kom.

Layanan bimbingan dan konseling sebagai layanan profesional yang diselenggarakan pada satuan pendidikan mencakup komponen program, bidang layanan, struktur dan program layanan, kegiatan dan alokasi waktu layanan. Komponen program meliputi layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif, dan dukungan sistem, sedangkan bidang layanan terdiri atas bidang layanan pribadi, sosial, belajar, dan karir. 
(Sumber: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%20111%20Tahun%202014.pdf)

Peminatan adalah program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik/konseli dengan orientasi pemusatan, perluasan, dan/atau pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan.

Berikan Refleksi terkait Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dengan judul BIMBINGAN KONSELING LAYANAN PEMINATAN DAN RESPONSIF di kolom di bawah ini.




3 comments:

Andu Suherman mengatakan...

Dalam jalur pendidikan formal, bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari program pendidikan. Pendidikan dapat dikatakan sebagai usaha yang dilaksanakan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Tujuan pendidikan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi.

Andi Sanjaya mengatakan...

Penyaluran yaitu membantu konseli merencanakan pendidikan, pekerjaandan karir masa depan, termasuk juga memilih program peminatan, yang sesuai dengan kemampuan, minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadiannya.

Prambudi Nugraha mengatakan...

Tujuan bimbingan dan konseling di Pendidikan tinggi, secara umum membantu konseli agar mengenal diri dan lingkungan, membuat pilihan serta keputusan dalam perencanaan karier maupun perencanaan kehidupan pribadi secara bijaksana, memecahkan sendiri masalah yang dialami secara realistis, serta mengakutalisasikan dan mengembangkan potensi diri termasuk bakat dan minta yang dimiliki.

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.