Minggu, 01 September 2019

Review Materi Jaringan Komputer di rumahbelajar.id

Hasil dari Voice to Text:
_________________________________________

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



Semangat pagi bapak ibu guru yang hebat dan luar biasa


Pada kali ini ini saya akan mereview materi dari website rumah belajar materi kali ini yang pertama adalah dari program studi teknik komputer dan jaringan untuk tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dengan materi mengenal komputer jaringan LAN (Local Area Network).

Pengertian LAN adalah suatu jaringan komputer di mana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil atau terbatas. Misalnya jaringan komputer kantor sekolah rumah atau di dalam satu ruangan saja.

Peralatan atau perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan dalam membangun komputer jaringan LAN adalah sebagai berikut modem, LANcard atau NIC, kabel UTP, Repeater, Access Point dan sebagainya yang memenuhi pembangunan komputer jaringan LAN.

Selanjutnya untuk review materi kedua tidak jauh dengan jaringan komputer kali ini saya akan membahas materi topologi jaringan Star.

Topologi Star adalah dimana jaringan komputer tersebut terpusat satu server sehingga jika kita lihat model jaringannya akan menyerupai bintang. Maka  topologi Star disebut juga dengan topologi bintang.

Keuntungan topologi jaringan model Bintang. Yang pertama mudah dipasang yang dan mudah dalam pengkabelan,  kedua tidak mengakibatkan gangguan pada jaringan ketika akan memasang yang atau memindahkan perangkat jaringan lainnya mudah untuk mendeteksi kesalahan dan memindahkan perangkat-perangkat lainnya


Adapun kekurangan topologi jaringan Star. Membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan lainnya Kedua membutuhkan hub untuk menjaga node-node yang terkoneksi tidak terdeteksi, ketiga lebih mahal daripada topologi jaringan karena biaya pengadaan atau switch.

Topologi jaringan Star ini sangat eksis di dalam dunia jaringan terutama perusahaan-perusahaan besar karena mudah dalam pemasangannya dan juga mudah untuk pengkabelannya selain itu juga mudah untuk mengetahui atau mendeteksi apabila ada kesalahan. Akan tetapi topologi jaringan Star ini membutuhkan banyak kabel dibandingkan dengan topologi jaringan lainnya.

Cukup sekian review dari saya yang pertama yaitu mengenal jaringan LAN Local Area Network dan yang kedua mengenal topologi jaringan Star. Materi ini adalah yang diajarkan di kelas 10 SMK Teknik Komputer dan Jaringan.

Semoga yang menyimak video ini ini bisa bermanfaat untuk kita semua terutama dalam bidang pendidikan dan latihan atau workshop seminar serta kata-kata bermanfaat untuk bekal nanti siswa-siswi terjun di dunia kerja dan dunia usaha.

Saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Ahmad Sakhowi Amin
VCT Batch 5 VCI 100 JAKARTA 3

__________________________


Youtube ----> KLIK DISINI 

GDrive -----> KLIK DISINI

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.