Senin, 29 Februari 2016

Border Gateway Protocol Routing (BGP)

Border Gateway Protocol atau lebih dikenal dengan nama BGP merupakan sebuah protokol routing inter Autonomous System (AS). Fungsi utama sistem BGP adalah untuk bertukar informasi network yang dapat dijangkau oleh sistem BGP lain, termasuk kedalamnya informasi yang terdapat dalam list autonomous system (AS). BGP berjalan melalui sebuah protokol transport, yaitu TCP.

Jenis-jenis BGP (Border Gateway Protocol)
Routing protokol BGP dibagi menjadi dua bagian besar yang berbeda berdasarkan fungsi, lokasi berjalannya sesi BGP, dan kebutuhan konfigurasinya :
1.      IBGP (Internal BGP)
Sesuai namanya, Internal BGP atau IBGP adalah sebuah sesi BGP yang terjalin antara dua router yang menjalankan BGP yang berada dalam satu hak administrasi, atau dengan kata lain berada dalam satu autonomous system yang sama. Sesi internal BGP biasanya dibangun dengan cara membuat sebuah sesi BGP antar sesama router internal dengan menggunakan nomor AS yang sana.

2.      EBGP (External BGP)
Kebalikannya dari IBGP, External Border Gateway Protocol atau sering disingkat EBGP berarti sebuah sesi BGP yang terjadi antara dua router atau lebih yang berbeda Autonomous System (AS) atau berbeda hak administratif. Tidak hanya sekedar beda nomor AS saja, namun benar-benar berbeda administrasinya. Jadi misalnya router dengan ISP ingin dapat bertukar routing informasi dengan menggunakan bantuan BGP, maka akan membuat sesi EBGP. Hal ini dikarenakan AS router dengan router ISP dibuat berbeda.

Karakter BGP Routing
Dalam routing BGP ada bebrapa karakter diantaranya sebagai beriku:
1.      Digunakan untuk merutekan trafik internet antar autonomous system.
2.      BGP adalah Path Vector routing protocol.Dalam proses menentukan rute-rute terbaiknya selalu mengacu kepada path yang terbaik dan terpilih yang didapatnya dari router BGP yang lainnya.
3.      Router BGP membangun dan menjaga koneksi antar-peer menggunakan port nomor 179.
4.      Koneksi antar-peer dijaga dengan menggunakan sinyal keepalive secara periodik.
5.      Metrik (atribut) untuk menentukan rute terbaik sangat kompleks dan dapat dimodifikasi dengan fleksibel.
6.      BGP memiliki routing table sendiri yang biasanya memuat prefiks-prefiks routing yang diterimanya dari router BGP lain.

Cara Kerja BGP Routing
BGP bekerja dengan cara memetakan sebuah tabel IP network yang menunjuk ke jaringan yang dapat dicapai antar Autonomous System (AS). Hal ini digambarkan sebagai sebuah protokol path vector. BGP tidak menggunakan metrik IGP (Interior Gateway Protocol) tradisional, tapi membuat routing decision berdasarkan path, network policies, dan ruleset. BGP diciptakan untuk menggantikan protokol routing EGP (Exterior Gateway Protocol) yang mengijinkan routing secara tersebar sehingga tidak harus mengacu pada satu jaringan backbone saja.
Routing protokol BGP baru dapat dikatakan bekerja pada sebuah router jika sudah terbentuk sesi komunikasi dengan router tetangganya yang juga menjalankan BGP. Sesi komunikasi ini adalah berupa komunikasi dengan protokol TCP dengan nomor port 179. Setelah terjalin komunikasi ini, maka kedua buah router BGP dapat saling bertukar informasi rute. Router perlu melakukan pemilihan rute terbaik ketika mendapatkan dua atau lebih rute untuk menuju ke suatu lokasi di luar. Biasanya sebuah router BGP mungkin saja mendapatkan sebuah rute lebih dari dua, tergantung pada banyaknya sesi BGP yang dibentuk dengan tetangga-tetangganya. Semakin banyak sesi BGP dengan router tetangga, maka router tetangga tersebut akan mengirimkan banyak rute yang diketahuinya, sehingga mungkin saja ada yang sama.
Ketika dihadapkan pada dua jalan dengan tujuan yang sama, maka tugas router BGP adalah harus memilih salah satu jalan untuk digunakan meneruskan informasi yang dibawanya. Jalan yang dipilih haruslah jalan yang terbaik  yang  ada  saat  itu  untuk  dapat  meneruskan informasi sebaik mungkin. Untuk memilih salah satu jalan tersebut, router BGP akan langsung menjalankan prosedur pemilihan rute terbaik.
Untuk membentuk dan mempertahankan sebuah sesi BGP dengan router   tetangganya, BGP mempunyai mekanismenya sendiri yang unik. Pembentukan sesi BGP ini melibatkan paket-paket pesan yang terdiri dari empat macam. Paket-paket tersebut adalah sebagai.

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.