Kamis, 11 April 2013

Analisis Sistem dan Prosedur Penyewaan Kamar yang Sedang Berjalan pada Hotel Bintang Kejora

Analisis Prosedur yang sedang berjalan

Analisa prosedur penyewaan kamar yang sedang berjalan adalah menganalisa proses yang sedang berjalan pada sistem penyewaan kamar yang ada pada Hotel Permata Hijau. Dengan ini, maka akan diketahui kelemahan atau kesalahan dari sistem yang sedang berjalan. 

Prosedur merupakan urutan kegiatan yang tepat dari tahapan-tahapan yang menerangkan mengenai proses apa yang dikerjakan siapa yang mengerjaka proses tersebut, bagaimana proses itu dapat dikerjakan dan dokumen apa saja yang terlibat, urutan prosedur reservasi kamar yang sedang berjalan sebagai berikut :

  1.  Tamu mengisi dan menyerahkan from reservasi kamar ke bagian FO.
  2. Kemudian FO memeriksa situasi kamar yang diinginkan tamu pada file data kamar.
  3. Bila jenis kamar yang diminta tidak tersedia FO akan mengkonfirmasikannya kapada tamu dan menawarkan Fasilitas lain.
  4. Selanjutnya FO mencatat data reservasi itu pada reservation books kemudian menyimpan form reservation ke dalam filling cabinet .
  5. Kemudian FO akan membuat bukti pembayaran berupa kwitansi dengan rangkap 2 diminta lembar pertama diserahkan pada tamu dan yang lembar kedua disimpan sebagai arsip.
  6. Selanjutnya FO membuat laporan data reservasi rangkap 2 lembar pertama dilaporkan kepada manager unit dan lembar kedua disimpan sebagai arsip. 
  • Diagram konteks merupakan gambaran global mengenai suatu sistem. Dalam diagram konteks menerangkan secara garis besar hubungan antara entitas-entitas yang ada pada sistem. Berikut ini adalah diagram konteks dari sistem informasi Reservasi kamar hotel yang sedang berjalan :
Diagram Konteks Sistem Informasi


Data Flow Diagram yang menggambarkan fungsi logika dari sebuah sistem. Dalam DFD terdapat aliran data dan proses yang terjadi dalam sistem. Berikut adalah DFD dari sistem informasi pemesanan kamar hotel yang sedang berjalan :

Data Flow Diagram (DFD)




0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.