Selasa, 23 April 2013

Analisa Design Web Detik[dot]com dengan Prinsip Desain


Header dan Body Web


Footer Web
















Analisa saya tentang Design Web http://www.detik.com/ :

Detik[dot]com ialah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel dalam jaringan di Indonesia. Detikcom  merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom  hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news).

Clarity (Kejelasan)
Menurut saya untuk website detik.com, dapat ditemukan prinsip Clarity (Kejelasan), website tersebut telah memenuhi salah satu syarat dalam prinsip Clarity yaitu penggunaan background yang berwarna gelap (Hitam-kebiruan) dengan latar jendela putih. Sehingga begitu orang melihat web ini begitu kontras postingan, gadget dsb pada web ini.

Alignment (Perataan)
Untuk perataan desain web detikcom kurang konsisten dan kurang nyaman dipandang mata. Harusnya web ini cukup memakai perataan kiri (left aligment). Sehingga para pengunjung web ini bisa membacanya dengan baik dan benar tanpa bentuk postingan yang acak-acakan. Dan perlu diketahui tiap kali posting itu harusnya disertai gambar, karena dengan gambar akan bisa mewakili daripada isi postingan tersebut.

Usability
Pada dasarnya Detikcom cukup memberikan tambahan kenyamanan bagi user dalam membaca berita-berita Detikcom.  Walaupun menurut saya tampilannya tidak sesegar tampilan baru Kompas dan Sindo karena tampilan Detikcom yang “baru” ini sebelumnya sudah digunakan Detikinet dan Detikhot (versi wikipedia), tapi tetap saja berkurangnya iklan di halaman depan Detikcom adalah sebuah kemajuan. Semoga saja semakin kedepan portal media online di internet semakin maju dan jumlahnya semakin banyak, tidak cuma didominasi Detikcom, Kompas dan Okezone saja.Tentu saja tanpa mengurangi kredibilitas portal tersebut.

Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh pada web detikcom sangat bagus karena pada space web portal itu dibuat berkolom-kolom sehingga tiap postingan itu tidak ada hubungannya dengan postingan lain.

Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan. Behaviour DetikCom  dilengkapi oleh fungsi javascript khusus untuk AUTOLOADING sehingga ketika kita idle misal dalam jangka waktu beberapa menit, maka page DetikCom akan merefresh dengan otomatis. Hal ini mungkin ditujukan selain untuk merefresh berita juga untuk meningkatkan statistik trafik DetikCom.

Contrast (Keserasian Tampilan)
Pada detikcom ini keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras warna backgroundnya sudah lumayan tapi menurut saya kenapa pada kolom tengah web itu berwarna biru sehingga gambar dan posting di web itu tidak kontras dengan warna tulisan postingannya kuning.

Ahmad Sachoui, April 2013.

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.