Minggu, 15 Oktober 2023

Paradigama Marketing

Konsep paradigma Marketing X.0 itu dipopulerkan sama Philip Kotler dan peneliti MarkPlus Inc, yakni Pak Hermawan dan Pak Iwan Setiawan.

Kesimpulan:
✅ Marketing 1.0 = Product-oriented
Ini paradigma pemasaran klasik, dimana pemasaran sama dengan selling. 

✅ Marketing 2.0 = Customer-oriented
Setelah perang dunia, banyak produk beredar, konsumen semakin punya banyak alternatif. Sehingga, pemasar mau tidak mau harus mempelajari bagaimana perilaku konsumen.

✅ Marketng 3.0 = Human Spirit
Nuansanya masih mempelajari perilaku konsumen, tapi pada level yg lebih kompleks. Konsumen membeli produk karena mereka merasa dilibatkan secara rasional, emosional, dan spiritual.

✅ Marketing 4.0 = Digital Marketing
Paradigma marketing sudah mulai mengarah ke digital. Teknologi mulai dimanfaatkan dalam aktivitas pemasaran.

✅ Marketing 5.0 = Artificial Intelligence
Paradigma pemasaran mulai mengarah ke penggunaan "human mimicking technology" seperti AI, sehingga memaksimalkan experience.

Semoga manfaat yaaa... 
HMA

0 comments:

ACCESS INFORMATION



Buka Semua | Tutup Semua

Sedang Perbaikan
Sedang Perbaikan
Silakan kirim pesan dan saran Anda,

Ahmad Sachowi Amin

Selamat Datang di Blog Saya, cybermatika.net.
Hobi saya adalah Belajar dan Belajar, entah yang penting bermanfaat untuk orang lain.Sharing adalah jalan saya, sharing dengan siapa saja yang penting memberi manfaat bagi saya.Ilmu adalah Cara saya, cara saya untuk belajar dan sharing tentang banyak hal.