Konsep paradigma Marketing X.0 itu dipopulerkan sama Philip Kotler dan peneliti MarkPlus Inc, yakni Pak Hermawan dan Pak Iwan Setiawan.
Kesimpulan:
✅ Marketing 1.0 = Product-oriented
Ini paradigma pemasaran klasik, dimana pemasaran sama dengan selling.
✅ Marketing 2.0 = Customer-oriented
Setelah perang dunia, banyak produk beredar, konsumen semakin punya banyak alternatif. Sehingga, pemasar mau tidak mau harus mempelajari bagaimana perilaku konsumen.
✅ Marketng 3.0 = Human Spirit
Nuansanya masih mempelajari perilaku konsumen, tapi pada level yg lebih kompleks. Konsumen membeli produk karena mereka merasa dilibatkan secara rasional, emosional, dan spiritual.
✅ Marketing 4.0 = Digital Marketing
Paradigma marketing sudah mulai mengarah ke digital. Teknologi mulai dimanfaatkan dalam aktivitas pemasaran.
✅ Marketing 5.0 = Artificial Intelligence
Paradigma pemasaran mulai mengarah ke penggunaan "human mimicking technology" seperti AI, sehingga memaksimalkan experience.
Semoga manfaat yaaa...
HMA
0 comments:
Posting Komentar