[Evaluasi Pembelajaran]
Summary hal yang dilakukan seorang pengajar
Membuat RPP
Menyusun soal
Membuat kunci jawaban
Menguji coba soal
Memberi penilaian / scoring
Menganalisis soal
Membuat keputusan
Macam macam tes
Tes objektif = tes yang dapat dipakai siapa saja karena jawaban yang benar sudah ditentukan
- pilihan ganda
- benar atau salah
- mengisi titik - titik
Tes subjektif = tes yang mengukur kemampuan siswa dengan mengetahui pemahaman siswa
- uraian bentuk panjang
- uraian bentuk pendek
Bentuk - bentuk evaluasi
- Ujian harian
- Ujian tengah semester
- Ujian akhir semester
- Ujian toefl
- Ujian IQ
- Ujian penempatan
- Ujian diagnosa
- Ujian wawancara
Tes formatif = tes yang sudah ada benar dan
salahnya
Tes non formatif = tidak ada benar atau salah
Ujian harian
- tes formatif
- tujuannya mengidentifikasi kemampuan siswa
- memperbaiki metode yang dipakai selanjutnya
- memperbaiki tujuan pembelajaran selanjutnya
Ujian tengah semester
- tes formatif
- menyelesaikan beberapa bab pokok bahasan
- mengacu kepada indikator pembelajaran
- mengidentifikasi kemampuan
Ujian akhir semester
- tes formatif
- menentukan lulus atau tidak siswa dalam mata pelajaran
Ujian penempatan ( placement test )
- tes formatif
- menetukan penempatan seseorang dengan bidang yang dikuasainya
Ujian diagnosa
- tes non formatif
- mengidentifikasi kesulitan belajar siswa
Ujian wawancara
- tes non formatif
- mengetahui kondisi siswa
Tes menurut Bloom
- tes kognitif = diuji dengan tes
- tes afektif = diuji dengan non tes
- tes psikomotorik = diuji dengan jobsheet
Evaluasi = suatu usaha untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi, data dan nilai yang ada
0 comments:
Posting Komentar